yap yap yap! akhirnya diberikan waktu juga untuk ngepost tentang ini. yap! kemaren
baru aja saya dan teman teman kelompok saya mempresentasikan tentang "ALGORITMA
CRAFT DAN ALGORITMA PLANET".
jadi ini itu apa? ini itu salah satu metode yang dipakai untuk membuat layout suatu
pabrik atau fasilitas.
CRAFT (Computerized Relative Allocation
Facilities Technique) pertama kali
diperkenalkan oleh Armour, Buff, dan Volman
(1964) adalah program teknik heuristic
berdasarkan pada interpretasi “Quadratic
Assignment” dari program proses tata letak,
digunakan untuk meminimumkan
biaya perpindahan material dimana biaya ini
digambarkan sebagai fungsi liniear
dari jarak perpindahan. Algoritma Craft menggunakan
from to chart sebagai
inputan. Biaya layout ditentukan berdasarkan jarak centroid.
Departemen yang
dihitung tidak dibatasi dalam bentuk rectangular. Craft merupakan
algoritma
improvement sehingga memerlukan initial layout yang bisa merupakan layout
dari
departemen yang sudah ada atau hasil dari algoritma lain.
Input yang diperlukan
untuk algoritma CRAFT adalah :
a. Tata
Letak Awal
b. Data
Aliran (Frekuensi Perpindahan)
c. Jarak
antar departemen
d. Jumlah
departemen yang tidak berubah (fixed)
Untuk
prinsip pertukaran departemen menurut algoritma CRAFT harus memenuhi
salah satu
dari tiga syarat berikut, yaitu :
a. Departemen
harus memiliki perbatasan yang sama
b. Departemen
harus memiliki ukuran yang sama
c. Departemen
harus memiliki kedua perbatasan-perbatasan yang sama pada ketiga departemen.
algoritma ini secara tidak langsung udah kita pakai loh pas praktikum PFT. software
yang dipakai pun winQSB. jadi algoritma craft ini caranya menukar departemen yang ada
tapi masih mempunyai luas yang sama.
mungkin sekian dulu untuk penjelasan algoritma craft ini.. masih banyak kekurangan ini
kayaknya..heheheheh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar