Minggu, 19 Mei 2013

algoritma CRAFT


yap yap yap! akhirnya diberikan waktu juga untuk ngepost tentang ini. yap! kemaren
baru aja saya dan teman teman kelompok saya mempresentasikan tentang "ALGORITMA
CRAFT DAN ALGORITMA PLANET". 
jadi ini itu apa? ini itu salah satu metode yang dipakai untuk membuat layout suatu
pabrik atau fasilitas. 

CRAFT (Computerized Relative Allocation Facilities Technique) pertama kali
diperkenalkan oleh Armour, Buff, dan Volman (1964) adalah program teknik heuristic
berdasarkan pada interpretasi  Quadratic Assignment” dari program proses tata letak,
digunakan untuk meminimumkan biaya perpindahan material dimana biaya ini
digambarkan sebagai fungsi liniear dari jarak perpindahan. Algoritma Craft menggunakan
from to chart sebagai inputan. Biaya layout ditentukan berdasarkan jarak centroid.
Departemen yang dihitung tidak dibatasi dalam bentuk rectangular. Craft merupakan
algoritma improvement sehingga memerlukan initial layout yang bisa merupakan layout
dari departemen yang sudah ada atau hasil dari algoritma lain.
Input yang diperlukan untuk algoritma CRAFT adalah :
a.    Tata Letak Awal
b.    Data Aliran (Frekuensi Perpindahan)
c.    Jarak antar departemen
d.   Jumlah departemen yang tidak berubah (fixed)
Untuk prinsip pertukaran departemen menurut algoritma CRAFT harus memenuhi
salah satu dari tiga syarat berikut, yaitu :
a.    Departemen harus memiliki perbatasan yang sama
b.    Departemen harus memiliki ukuran yang sama
c.  Departemen harus memiliki kedua perbatasan-perbatasan yang sama pada ketiga departemen.
algoritma ini secara tidak langsung udah kita pakai loh pas praktikum PFT.  software
yang dipakai pun winQSB. jadi algoritma craft ini caranya menukar departemen yang ada
tapi masih mempunyai luas yang sama. 
mungkin sekian dulu untuk penjelasan algoritma craft ini.. masih banyak kekurangan ini
kayaknya..heheheheh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar